Jumat, 30 September 2016

PEMANFAATAN DALAM APLIKASI EDITING VIDEO

        Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 2 aplikasi yang digunakan untuk mengedit dan mengolah video agar hasilnya tampak lebih menarik dan nikmat untuk ditonton. Aplikasi yang pertama yaitu adalah Windows Movie Maker atau WMM. Windows Movie Maker adalah sebuah aplikasi editing video yang cukup mudah dikuasai untuk orang awam sekalipun, karena mempunyai Interface yang cukup sederhana dan simple untuk digunakan, serta mempunyai fitur-fitur yang cukup lengkap untuk mengedit/mengolah video kualitas rumahan atau bahkan berkualitas tinggi, jika Anda cukup handal dalam memanfaatkan semua fitur yang tersedia di dalam WMM. Windows Movie Maker juga merupakan program atau software bawaan dari Windows XP, jadi Movie Maker akan langsung terinstall otomatis ketika Anda menginstall Windows XP.

     Adapun beberapa kelebihan dari WMM antara lain :
        -       Tampilan yang mudah dimengerti
        -       User bisa mengatur kualitas dari editan yg dikerjakan serta batasan ukuran dari video tersebut
        -       Tidak membutuhkan spesifikasi & HDD terlalu besar
        -       Effect dan Transisinya mudah dipahami dan diaplikasikan ke dalam video
        -       Software yang berukuran kecil dan ringan, cocok untuk pengguna laptop
          
          Sedangkan beberapa dari sisi kelemahannya, yaitu :
      -      Tidak dapat langung menyimpan hasil editan video, sebelum memburningnya ke dalam DVD         terlebih dahulu
      -      Fiturnya masih kurang lengkap/banyak dari software editing video lainnya        
        -      Masih sering terjadinya program not responding saat export/import/save

Lalu aplikasi yang kedua adalah Sony Vegas Pro, software editing video ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan seluruh skill/kemampuannya dalam mengedit/mengolah video dengan memanfaatkan semua fitur yang sangat lengkap dan berguna, yang tidak terdapat dalam Windows Movie Maker. Software ini mempunyai Interface yang sangat komplit, memungkinkan kebanyakan fitur yang dibutuhkan sudah tersedia di dalam Interfacenya. Lalu berbeda dengan WMM, Sony Vegas mempunyai banyak Layer Video/Audio, fitur ini sangat berguna jika anda ingin memaksimalkan kemampuan dalam menambahkan effect video/audio, menambahkan transisi yang lebih smooth, mencampurkan berbagai macam audio dalam satu video, dan lain-lain.

Kemudian kelebihan yang lain, yaitu :
-          Kecepatan preview Sony Vegas Pro sangat cepat dan realtime
-          Fasilitas Drag and Drop sangat mempercepat kinerja dalam mengedit video
-          Posisi audio atau video sangat mudah disesuaikan, sesuai waktu frame sebuah video
-        Sony Vegas Pro dapat memanfaatkan keceaptan dari multi core procesor ketika fase final dalam pembuatan video
-          Hasil render video yang sangat bagus
-      Memiliki interface untuk editing lebih persisi dan mudah, cukup melakukan drag and drop tanpa harus menyelurusi file untuk menyisipkan file gambar atau video

Adapun kelemahan dari Sony Vegas Pro adalah perlunya Plug-In tambahan untuk memperoleh fitur-fitur yang belum tersedia, dengan demikian pengguna dapat lebih bereksplorasi dengan semua fitur, alat, transisi, dan lain-lain yang tersedia di dalam Vegas Pro. Jadi, jika Anda masih kurang handal dalam pengeditan video, maka sebaiknya gunakan Windows Movie Maker, agar basic dari sebuah Interface dalam software editing video dapat dipahami terlebih dahulu. Dan setelah Anda sudah cukup mahir dalam mengolah video, maka Sony Vegas Pro lah software yang sangat cocok anda eksplor untuk memperdalam keahlian itu. Kemudian, bila Anda semakin berkompeten dalam mengedit/mengolah video, maka sudah waktunya bagi Anda untuk menggunakan software/aplikasi yang sudah dibilang Professional Editing seperti : Adobe Premiere, Avid, dan Pinnacle Liquid.

Ingat hanya Anda lah yang tahu sampai mana kemampuan diri sendiri, maka dari itu tetapkan lah software yang sangat cocok untuk Anda, sehingga dapat memaksimalkan dan meningkatkan kemampuan hingga ke level teratas.

Di bawah ini merupakan hasil karya editing video saya menggunakan Sony Vegas Pro, kalau bisa dibilang saya masih memang masih belum handal dalam keahlian editing video, tetapi setidaknya saya bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan fitur-fitur yang disediakan dalam software ini.
                                              Have Fun Watching ^_^
                      https://www.youtube.com/watch?v=LEnGbnE7Bck
                      https://www.youtube.com/watch?v=qkkpmnRgTWM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar